Kamis, 12 Maret 2015

Laporan Science Club



                                           Assalamu’alaikum Wr Wb.

Pembukaan: Puji syukur kepada Allah Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmatnya hingga saya bisa menyelesaikan hasil laporan saya. Dan semoga bermanfaat untuk yang  membaca
Tujuan : Membuat laporan Sciene Club
Isi : Sciene Club adalah organisasi karya Ilmiah yang tugasnya melakukan experimen pada bahan - bahan alami dan buatan yang dapat kita olah menjadi bahan jadi seperti minyak dan air, hal tersebut mengakibatkan air dan minyak tidak dapat bersatu karena 2 kutub yang berbeda.
                                           Pada abad ke-21 ini kita mengetahui betapa pesatnya pengembangan teknologi. Banyak teknologi pada saat sekarang ini digunakan sebagai pengganti rutinitas atau pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Dengan demikian pesatnya pengembangan teknologi membantu siswa dalam banyak hal, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dalam dunia pendidikan ada dikenal dengan ilmu IPA, dimana dalam pelajaran IPA dibutuhkan ketelitian dan keaktifan para siswa untuk membuktikan peristiwa-peristiwa yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari minyak dan air, yang mana kita ketahui bahwa minyak dan air tidak pernah menyatu. Ini yang menyebabkan adalah perbedaan massa jenisnya.
Mencermati uraian di atas, Saya merasa tertarik untuk mengadakan percobaan mengenai “Emulsi minyak dalam air”. Dengan melaksanakan percobaan ini agar mengetahui bagaimana minyak dan air tidak dapat menyatu dan bagaimanakah air dan minyak dapat menyatu,
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
1. untuk mengetahui pengertian dari emulsi.
2. untuk mengetahui cara mempersatukan minyak dan air.
3. Manfaat Penelitian
Manfaat dari melakukan penelitian ini adalah
1. memberikan informasi tentang emulsi minyak dalam air
2. memotivasi agar siswa berminat melakukan penelitian-penelitian dalam kehidupan sehari-hari.
3. Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian ini adalah minyak dan air dapat disatukan dengan deterjen.


Laporan mengenai Telur Asin
Telur Asin adalah sebuah makanan khas dari Brebes telur asin adalah sebuah telur yang disimpan dalam batu bata yang dihancurkan hingga halus, kemudian beri garam kasar dan campur aduk adonan tersebut kemudian tuangkan air secukupnya agar tanah tersebut bisa lengket pada telur, kemudian tempelkan tanah pada telur hingga merata pada sisi telur setelah selesai melapisi telus dengan tanah liat maka simpan pada tempat kardus atau yang lain.
Simpan telur tersebut pada tempat yang dingin kemudian tuggu hingga kurang lebih 2 minggu jika sudah 2 minggu.





Gunung Meletus
 Bahan yang dibutukan :
  •    Baking soda…
  •     Air
  •     Cuka
  •     Sendok makan
  •     Cangkir
  •     wadah yang cukup besar, dapat berupa panci atau baki
Untuk membuat eksperimen gunung meletusnya, lakukan langkah di bawah ini ya kawan:
  1. Isi wadah (panci/baki) dengan sedikit air, dan larutkan bubuk soda kue secukupnya.
  2. Tuangkan cuka secukupnya ke dalam larutan soda kue dan lihatlah gelembung gas seperti lava yang terbentuk akan terus naik ke atas kawan.
Eksperimen ini bisa di buat lebih seru loo.. Kawan-kawan bisa membuat replika gunung berapi nya terlebih dahulu, lalu tambahkan pewarna berwarna merah, pasti jadi lebih seru, seperti melihat letusan gunung berapi sungguhan kawan .
Apa kata Sains?
Gelembung yang terbentuk adalah gas karbon dioksida. Karbon dioksida adalah gas yang terbentuk ketika cuka (asam) bereaksi dengan  soda kue (basa). Ketika keduanya bereaksi saat dicampurkan, keduanya membentuk asam karbonat yang sangat tidak stabil, dan secara cepat terpisah menjadi air dan gas karbondioksida yang terus naik ke atas dan terpisah dari larutannya.





Eksperimen Sains Membuat Minyak dengan Air Berteman
Banyak lho bahan-bahan di sekitar kita yang gak bisa bercampur satu sama lain kawan-kawan, salah satunya yaitu minyak dan air. Kamu dapat mencoba mencampurkannya satu sama lain dan kocok sekeras yang kamu suka, tapi ternyata mereka tetap tidak bisa bercampur lho..
Yang kawan-kawan butuhkan yaitu:
  • Botol kecil minuman ringan
  • Air
  • Pewarna makanan
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • deterjen atau sabun cuci piring
Yang perlu kawan-kawan perlu lakukan yaitu:
  • Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air.
  • Tuangkan sekitar 2 sendok makan air berwarna bersama dengan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam botol minuman yang disediakan.
  • Tambahkan 1 sendok makan sabun cuci piring atau detergen ke dalamnya.
  •  Tutup erat-erat botol tersebut dan kocok botol sekeras yang kamu bisa.
  • Perhatikan botol tersebut, maka akan tampak terjadi pencampuran dari minyak dan air. Keduanya akan bercampur, namun apabila terus didiamkan, setelah beberapa lama minyak akan tetap naik ke atas permukaan air.
Apa kata Sains?
Air sering bercampur dengan cairan lainnya untuk membentuk suatu larutan, namun untuk minyak hal itu tidak dapat terjadi. Molekul air sangat tertarik satu sama lain, demikian pula dengan minyak, karena mereka lebih tertarik pada molekul mereka sendiri maka keduanya tidak dapat bercampur, dengan minyak dengan berat jenis lebih rendah akan selalu berada diatas permukaan air.
Tetapi hal ini dapat berbeda apabila campuran keduanya ditambahkan dengan beberapa sendok deterjen.  Deterjen bersifat dapat berikatan dengan air dan minyak sehingga membantu mereka bercampur satu sama lain membentuk suatu emulsi. Detergen adalah tambahan yang berguna ketika mencuci piring berminyak, karena deterjen mengambil minyak dan kotoran dari piring dan melarutkannya ke dalam air


Tidak ada komentar:

Posting Komentar